Blogwalking Menyebabkan Kecanduan Internet?  

Di dunia nyata, jalan-jalan merupakan aktivitas santai yang menyenangkan. Demikian juga dengan jalan jalan di dunia maya (siber?). Banyaknya blog bagus dan menarik yang selalu termasa menjadikan blogwalking suatu aktivitas yang tidak saja menambah wawasan, namun juga menghibur. Mungkin hal yang sama juga terjadi pada aktivitas blogging (nge-blog aja wis).

Keasyikan blogwalking ternyata mampu membuat orang betah berlama-lama di depan komputer dan menghabiskan bandwith (bayar inet dengan duwith). Mungkinkah blogwalking bikin kecanduan internet? Kecanduan internet kurang lebih adalah jika kita sudah menganggap internet sebagai kebutuhan primer. Hal itu ditunjukkan dengan keresahan yang berlebihan dikala offline. Biasanya, para pecandu Internet mengalami gangguan tidur karena terlalu banyak menghabiskan waktu online, kurang istirahat, dan kesehatan fisiknya menurun. Walau kecanduan di sini belum bisa didefinisikan sebagai 'penyakit', namun kecanduan Internet dapat berdampak buruk terhadap kehidupan si penderita.

Saya sendiri sudah menganggap internet sebagai suatu kebutuhan penting (tapi bukan primer loh, masih banyak kebutuhan primer yang lain he he). Saya juga gemar blogwalking tapi tidak ingin mengalami hal hal di atas. Bagaimana menurut Anda?

AddThis Social Bookmark Button

2 comments

  • Unknown  
    April 9, 2008 at 5:42 AM

    BANGET!!! saya dah terlanjur kecanduan...dan sampai saat ini blom ada panti rehabilitasi untuk para pecandu internet...kalo sehari aja gak internetan, libur kantor, pas kebetulan gak punya duit, pulsa abis jadi gak bisa gprs-an...wah...rasanya gak tahaaannn....perut mual, perih, sakit kepala setengah alias migrain tapi sakitnya pindah-pindah sebentar dikanan sebentar dikiri, wajah pucat pasi, seluruh tubuh bergetar, banyak lagi deh...

    itu semua baru sembuh begitu saya pergi kerumah temen buat numpang internetan diPCnya. meski cuma buat buka GOOGLE :D

  • Share::Learn::Survive  
    April 9, 2008 at 8:56 PM

    Waduh, udah kecanduan bener ya mas? Tapi tenang aja Mas, kecanduan internet ngga apa2 kok asalkan jaga kesehatan, makan teratur, asupan gizi cukup dan seimbang, dan cukup berolahraga he he

Post a Comment