Akhirnya Delete Juga  

Sebagai jawaban atas down-nya server 000webhost 2 hari yang lalu adalah hilangnya data-data di server tanpa dapat tertolong lagi. Berikut ini notice di member account hosting bersangkutan:

Dear user,
You have probably noticed that one of your websites hosted on serverx.xxxx.com was down. It happened because primary hard drive for this server crashed. Unfortunately all data stored on that server were lost.. It was a new server, setup 3 days ago only and backups were not processed yet. Server had hardware replaced and its working fine again, but now you need click 'Resetup Account' and upload website again. Although hardware failure cannot be predicted, you are an important client for us, and we understand the inconvenience such causes.
Jadi, kita harus setup ulang dari nol, dan data-data yang ada pada server itu hilang. Hampir sama kejadiannya kayak instal ulang Windows nih. Repotnya lagi, data yang tersimpan tidak ada backupnya.
Mungkin ini bisa jadi pelajaran bahwa jika kita meng-host di layanan freehosting, jangan lupa untuk membackup data setiap kali kita update. Sesering mungkin juga bagus

AddThis Social Bookmark Button

3 comments

  • Putra Nasution  
    March 27, 2008 at 12:38 PM

    Saran saya, lebih baik beli hosting aja. Kan sekarang banyak yang mudah-mudah untuk blog hosting.
    Kalau perlu referensi, tar saya kasih.. hehe..

    Salam kenal ya :)

  • Share::Learn::Survive  
    March 27, 2008 at 5:57 PM

    Bener banget Mas. Rencananya ntar juga mau pakai hosting berbayar aja. Untung kemarin cuma projek belajar, jadi belun ada kontennya. Thanks atas sarannya. Salam kenal juga :)

  • Anonymous  
    March 28, 2008 at 10:20 AM

    waduh, repot juga kayaknya kalo data2 penting terdelete. kayaknya backup data itu memang penting. sayang, penyakit malas seringkali muncul, hehehehe ... biasanya baru nyesel setelah data kita benar2 ancur.

Post a Comment